KADARING SIBI (KAMUS DALAM JARINGAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA): APLIKASI PEMBELAJARAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB

Rizaldi, Septian Fauzi (2022) KADARING SIBI (KAMUS DALAM JARINGAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA): APLIKASI PEMBELAJARAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KADARING SIBI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia membakukan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) untuk dipakai dalam proses pembelajaran pada sekolah luar biasa (SLB). Salah satu faktor penyebab ialah perbedaan pada masing-masing Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Namun, SIBI cukup sulit untuk dipelajari jika ptoses pembelajaran masih bergantung pada kamus cetak dari pemerintah. Belum lagi penyandang tunarungu (teman tuli) tidak begitu memahami kaidah Bahasa Indonesia dalam membuat kalimat serta masyarakat normal (teman dengar) tidak mendapatkan cukup akses informasi untuk belajar SIBI. Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan kamus elektronik semakin marak sehingga dibuatlah Kamus dalam jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (KADARING SIBI) yaitu aplikasi pembelajaran SIBI berbasis web. Kamus ini mengimplementasikan algoritma stemming untuk pencarian kata dasar dari teks. Lalu isyarat ditampilkan dengan gambar bergerak (GIF) agar lebih mudah dimuat dan dipahami. Pembangunan sistem ini menggunakan Model Waterfall melihat besarnya cakupan dari sistem ini. Beberapa metode pengujian dilakukan pada aplikasi ini. Responden pengujian terdiri dari 50 orang dengan latar belakang berbeda-beda. Pengujian sistem dengan metode Black Box Testing menghasilkan nilai rata-rata keberhasilan sebesar 95%. Pengujian keberterimaan dengan metode Mean Opinion Score menghasilkan nilai MOS = 8,72 atau dapat disebut kategori bagus. Pengujian dampak KADARING SIBI pada pembelajaran SIBI bagi teman dengar dan teman tuli dengan metode Paired Sample T-Test menghasilkan kesimpulan bahwa KADARING SIBI memberikan dampak berupa peningkatan animo pembelajaran dan pengetahuan mengenai SIBI.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci -- Penerjemahan, Tuna Rungu, Sistem Isyarat Bahasa Indonesia, Algoritma Stemming.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:25
Last Modified: 10 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30487

Actions (login required)

View Item View Item