PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DAN PERUBAHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK SEKOLAH DASAR : SEBUAH STUDI PSIKOLOGI KOMUNIKASI DI SDN 02 CAKRANEGARA KOTA MATARAM

RAFFI, M. (2022) PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DAN PERUBAHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK SEKOLAH DASAR : SEBUAH STUDI PSIKOLOGI KOMUNIKASI DI SDN 02 CAKRANEGARA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. RAFFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sejak akhir tahun 2019 virus Covid-19 (Corono Virus diseases-19) menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sehingga wabah ini ditetapkan sebagai pandemi global yang meresahkan dunia. Dunia pendidikan pun secara terpaksa harus dihadapkan dengan adaptasi cara belajar yang baru akibat dampak dari pandemi Covid-19, yaitu dengan belajar daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui implikasi perubahan komunikasi interpersonal anak sekolah dasar selama pembelajaran daring di SDN 02 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yaitu ; interview (wawancara), observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari informan kunci (key informan);informan utama;informan tambahan. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah rekaman wawancara, pedoman wawancara,dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Creswel yaitu reduksi data (Data Reduction), display data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 02 Cakranegara Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19 sudah berjalan seoptimal mungkin, meskipun hasil yang didapatkan belum 100% efektif bagi proses pembelajaran siswa dan untuk perubahan komunikasi interpersonal anak selama pembelajaran daring antara guru dan siswa dapat dibilang menurun. Maka dari itu diperlukannnya kerja sama yang baik dari orangtua siswa dan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Covid-19,pembelajaran daring,komunikasi interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:25
Last Modified: 10 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item