ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN BERBAHAN DASAR BAMBU DI DESA LOYOK KECAMATAN SIKUR

Baiq, Leza Saleha (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN BERBAHAN DASAR BAMBU DI DESA LOYOK KECAMATAN SIKUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ LEZA SALEHA (FIX JILID).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran kerajinan bambu di Desa Loyok sangat terbatas karena pengrajin bambu sendiri terkendala dalam pemasarannya yang disebabkan oleh pengrajin bambu tidak melakukan pemasaran secara online. Hal ini disebabkan karena pengrajin bambu hanya menunggu ada pelanggan yang memesan produk kerajinannya kemudian baru memproduksi kerajinan bambu serta kebanyakan pengrajin kurang mengerti akan teknologi dan media sosial. Bukan hanya itu, para pengrajin bambu di Desa Loyok juga tidak memiki atau tidak membuat merek terhadap produk kerajinannya. Hal ini akan merugikan pengrajin sendiri karena produk kerajinannya tidak akan terkenal ke masyarakat luas dan tidak akan berkembang pesat sehingga para pengrajin tidak akan mendapatkan perkembangan dalam pemasaran kerajinan bambunya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis sistem pemasaran kerajinan bambu yang berlangsung di Desa Loyok Kecamatan Sikur saat ini; 2) Untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk kerajinan bambu di Desa Loyok Kecamatan Sikur. Penelitian menggunakan metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Unit analisis adalah unit usaha kerajinan bambu di Desa Loyok Kecamatan Sikur. Responden ditentukan menggunakan metode “Qouta Sampling” sebanyak 30 orang. Sementara untuk memilih responden menggunakan metode “Snowball Sampling”. Data bersumber dari data primer dan data sekunder; dan jenis data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha kerajinan anyaman bambu di Desa Loyok adalah sistem pemasaran tidak langsung, yaitu menggunakan saluran pemasaran atau media pemasaran; 2) Strategi pemasaran kerajinan bambu di Desa Loyok adalah mengunakan starategi turn around, yaitu memanfaatkan peluang dengan sebaik mungkin dan mengatasi kelemahan usaha kerajinan bambu. Strategi utama yang dilakukan adalah mengusahakan memiliki izin usaha dan memiliki merek sendiri, memperluas ruang lingkup pemasaran kerajinan bambu, dan memasarkan kerajinan bambu secara online. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu : 1) Diharapkan pengrajin melakukan strategi pemasaran sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu menggunakan strategi turn around; 2) Diharapkan untuk pengusaha kerajinan bambu dapat lebih memanfaatkan media sosial dan peka terhadap informasi yang ada sehingga dapat lebih mengembangkan usahanya; 3) Diupayakan melakukan pemasaran ke berbagai tempat wisata atau ke pasar yang ada di Desa Loyok agar mendapat lebih banyak pelanggan dan bukan hanya menunggu pesanan kerajinan yang datang; 4) Perbanyak promosi kerajinanxiii anyaman bambu agar pengusaha kerajinan dapat menarik lebih banyak pelanggan atau konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bambu, Produk Bambu, Strategi Pemasaran, SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:14
Last Modified: 11 Aug 2022 23:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item