STUDI KEPUASAN KONSUMEN DONAT DELICIOUS MOOIK DI KOTA MATARAM

Putu Pande Sumaryanti, Ni (2022) STUDI KEPUASAN KONSUMEN DONAT DELICIOUS MOOIK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_PUTU_PANDE_SUMARYANTI_REVISI_KOmentarTS21072022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Delicious Mooik merupakan salah satu toko donat yang ada di Kota Mataram.Toko ini mulai berdiri sejak tahun 2012 dan masih berjalan sampai saat ini. Masalah penelitian ini adalah bahwa sampai saat ini belum diketahui bagaimana tanggapan dan kepuasan konsumen terhadap donat yang telah diproduksi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis tingkat kepuasan Konsumen terhadap produk donat Delicious Mooik di Kota Mataram. (2) Untuk menganalisis pengaruh kkepuasan konsumen terhadap frekuensi pembelian donat Delicious Mooik di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Jenis data yang digunakan meliputi data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di 3 outlet Delicious Mooik di Kota Mataram, yaitu berlokasi di Kecamatan Sandubaya, Kecamatan Mataram, dan Kecamatan Selaparang.Penentuan daerah sampel secara purposive sampling, atas dasar bahwa 3 Perusahaan “Donat Delicious Mooik” hanya memiliki tiga outlet tersebut di Kota Mataram. Responden dalam penelitian ini adalah individu yang melakukan pembelian donat Delicious Mooik di salah satu outlet dari ketiga outlet yang ada di Kota Mataram. Jumlah responden ditentukan secara quota sampling sebanyak 30 orang yang terdistribusi masing-masing 10 orang responden di setiap outlet donat Delicious Mooik. Untuk mendapatkan responden dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu: harga, rasa, tekstur, varian rasa, aroma, higienis, ukuran, bentuk, kemasan, dan pelayanan, diukur dengan menggunakan skala likert 5 jenjang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen, dan Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Konsumen sangat puas terhadap donat Delicious Mooik di Kota Mataram (tingkat kepuasan = 9,05). Terdapat 5 atribut dengan kategori sangat puas (0,90< TK ≤ 1,00), yaitu atribut: Rasa (X2), Tekstur (X3), Aroma (X5), Bentuk (X8), dan Kemasan (X9). Terdapat 5 atribut dengan kategori puas (0,70< TK ≤ 0,90), yaitu atribut: Harga (X1), Varian Rasa (X4), Higienis (X6), Ukuran (X7), dan Pelayanan (X10). (2) Tingkat kepuasan konsumen pada atribut: Varian Rasa (X4) ; Ukuran (X7); dan PelayananAgrimansion, Juli 2022 (X10) berpengaruh signifikan terhadap frekuensi pembelian donat Delicious Mooik di Kota Mataram. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian kepuasan konsumen terhadap donat Delicious Mooik di Kota Mataram, sebagai berikut: (1) Untuk lebih meningkatkan frekuensi pembelian konsumen disarankan kepada produsen untuk mempertimbangkan menambah Varian Rasa (X4) dan lebih meningkatkan variasi ukuran donat (X7). (2) Selain itu, disarankan kepada pengelola Toko Donat Delicious Mooik di Kota Mataram untuk meningkatkan Pelayanan (X10) khususnya dari aspek kenyamanan ruang tunggu dan memperhatikan area parkir untuk para konsumen yang datang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Donat, Kepuasan konsumen, Atribut produk
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:15
Last Modified: 11 Aug 2022 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item