ANALISIS RISIKO HARGA DAN KEUNTUNGAN USAHATANI TEMBAKAU VIRGINIA DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Purna, Sariani (2022) ANALISIS RISIKO HARGA DAN KEUNTUNGAN USAHATANI TEMBAKAU VIRGINIA DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Purna Sariani_C1G018138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis keuntungan petani pada usahatani tembakau Virginia di masa pandemi Covid 19 di Kecamatan Praya Timur; (2) Menganalisis tingkat risiko biaya, produksi, harga, dan keuntungan usahatani tembakau Virginia di masa pandemi Covid 19 di Kecamatan Praya Timur; (3) Mengetahui persepsi petani terhadap sumber risiko biaya, produksi, harga, dan keuntungan usahatani tembakau Virginia di masa pandemi Covid 19 di Kecamatan Praya Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei dan wawancara. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani yang menjalankan usahatani tembakau Virginia yang ada di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive sampling, sebagai sampel yaitu Desa Sengkerang, Desa Bilelando, dan Desa Semoyang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata keuntungan usahatani tembakau virginia di masa pandemi Covid 19 di Kecamatan Praya Timur sebesar Rp 15.705.111/LLG atau Rp 10.840.011/Ha dengan nilai R/C sebesar 1,40 artinya layak untuk dijalankan; (2) Nilai risiko biaya produksi, produksi, harga dan keuntungan usahatani tembakau Virginia menunjukkan produksi dan harga terhindar dari risiko, sedangkan biaya produksi dan keuntungan ada risiko yang dihadapi petani;(3) persepsi petani terhadap sumber risiko usahatani tembakau Virginia, sumber risiko tertinggi pada biaya produksi adalah modal dan biaya tenaga kerja yang mencapai 100%, kemudian harga input yang mencapai 80,95%. Sumber risiko tertinggi pada produksi adalah cuaca yang mencapai 100%, kemudian teknologi mencapai 61,90%, dan yang terendah kualitas input mencapai 19,05%. Untuk risiko harga dan keuntungan sumber risiko tertinggi yang dihadapi petani adalah grade atau kualitas tembakau dan biaya usahatani yang sama-sama mencapai 100%. Dan sumber risiko yang terendah adalah fluktuasi harga yang mencapai 90,48%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keuntungan, Risiko (Produksi, Harga, dan Keuntungan), Tembakau Virginia
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:15
Last Modified: 11 Aug 2022 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item View Item