INDONESIAN – ENGLISH CODE SWITCHING PHENOMENON AS SELF-REPUTATION OF INDONESIAN CELEBRITIES ON YOUTUBE PODCAST VIDEOS

ASRY, AYU DILIYANTI (2022) INDONESIAN – ENGLISH CODE SWITCHING PHENOMENON AS SELF-REPUTATION OF INDONESIAN CELEBRITIES ON YOUTUBE PODCAST VIDEOS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Thesis Asry Ayu Diliyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini berdampak pada hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk aspek penggunaan bahasa. Hal ini menyebabkan orang sering berpindah-pindah bahasa, misalnya Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Bahkan alih bahasa (code switching) ini marak terjadi di kalangan selebritis Indonesia yang diduga melakukan code switching demi menjaga dan membangun reputasi baik mereka sebagai figur publik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana merespon suatu tren seperti code switching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis code switching yang terjadi di kalangan selebriti Indonesia dan mengkaji bagaimana code switching digunakan untuk membangun reputasi diri. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, analisis penelitian ini didasarkan pada teori code switching dan reputasi diri Poplack dan Holmes. Data penelitian ini adalah 18 video podcast yang diperoleh dari platform YouTube. Podcast video ini berisi 18 topik berbeda dengan selebriti yang berbeda sebagai pesertanya. Dari hasil analisis ditemukan bahwa ada tiga jenis code switching yang terjadi di kalangan selebritis Indonesia, yaitu tag code switching, inter-sentential switching, dan intrasentential switching. Code switching yang dominan digunakan adalah inter-sentential code switching yang terjadi 545 kali (52,71%) kemudian diikuti intra-sentential code switching dengan 350 kali terjadi (33,85%) dan tag code switching berada di urutan terakhir dengan hanya 139 kali terjadi (13,44%). Temuan kedua dari penelitian ini adalah empat aspek konstruksi reputasi diri yang dipertahankan oleh para selebriti Indonesia, yaitu mengekspresikan identitas etnis, menegaskan kekuasaan, menunjukkan harga diri, dan status, menunjukkan kompetensi dan kecerdasan diri. Aspek-aspek tersebut erat kaitannya dengan reputasi selebriti yang mereka pertahankan untuk kesuksesan dalam berkarir di masa depan.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Code switching, Reputasi diri, Selebriti Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:15
Last Modified: 11 Aug 2022 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item