DISFEMISME NETIZEN DALAM KOLOM KOMENTAR DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM GEBBY VESTA

Nadila, Eka Aprilia (2022) DISFEMISME NETIZEN DALAM KOLOM KOMENTAR DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM GEBBY VESTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NADILA EKA APRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan fungsi pada penggunaan disfemisme oleh netizen dalam komentar akun media sosial instagram Gebby Vesta. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi disfemisme pada kolom komentar Instagram Gebby Vesta. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata-kata atau kalimat yaitu komentar para netizen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simak yang memiliki teknik dasar berupa teknik sadap serta teknik lanjutan berupa teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode padan intralingual dan metode padan ektralingual dengan teknik lanjutan berupa teknik hubung banding membedakan (HBB). Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan beberapa data tentang disfemisme. Bentuk disfemisme yang ditemukan adalah kata dan frasa. Ada enam fungsi yaitu (1) menyatakan hal tabu atau tidak senonoh, (2) menunjukkan rasa tidak suka terhadap seseorang atau sesuatu, (3) sebagai perantara untuk mengungkapkan kemarahan atau kejengkelan, (4) sebagai sarana untuk menghina dan mengolok-olok, (5) fungsi untuk menunjukan ketidaksepakatan dan (6) fungsi mengungkapkan emosi lain (kagum, senang).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Disfemisme, Instagram, Gebby Vesta
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:15
Last Modified: 11 Aug 2022 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30535

Actions (login required)

View Item View Item