PENGEMBANGAN LKPD EKSPLORATIF BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS IV SDN 38 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021 / 2022

MUHAMAD, SOFYAN AFANDI (2022) PENGEMBANGAN LKPD EKSPLORATIF BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS IV SDN 38 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021 / 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ACC SOFYAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD eksploratif berbasis CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan menambahkan konsep kontekstual pada materi energi alternatif. Penerapan LKPD pada pembelajan menggunakan one group sample design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 38 Cakranegara. Teknik pengumpulan data validasi LKPD adalah menggunakan angket yang diisi oleh validator ahli. Kelas sampel dilakukan tes awal dan tes akhir untuk melihat efektivitas LKPD dalam pembelajaran. Data hasil validasi ahli dan guru tergolong kategori valid pada aspek kelayakan isi 74,3%, penyajian 75,6 %, dan kebahasaan 80%. Efektifitas LKPD tergolong efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada hasil uji n-gain sebesar 0,31 dengan peningkatan kategori sedang dan uji-t dengan nilai 0,003 di bawah 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttes. Dengan demikian, Pengembangan eksploratif LKPD berbasis CTL tergolong valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: LKPD Eksploratif, CTL, Energi Alternatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30547

Actions (login required)

View Item View Item