PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 LINGSAR

Muhammad, Nasir (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhammad Nasir (Finish).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektifan dari media berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran kimia di kelas X pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang sudah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4-D dimodifikasi menjadi tiga langkah (3-D) yaitu Define, Design, Develop. Desain ini dimodifikasi menjadi tiga langkah dikarenakan keterbatasan peneliti untuk melakukan tahap ke empat Disseminate. Hasil penilaian kevalidan oleh validator yang terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu guru kimia SMAN 1 Lingsar, secar berturut-turut sebesar 88%, 90%, dan 87% dengan rata-rata 88,33% (valid atau layak). Penilaian kepraktisan video pembelajaran oleh guru kimia dan peserta didik kelas X MIPA 4 teruji praktis dengan persentase 86% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari peserta didik dengan persentase rata-rata 90% (sangat praktis). Hasil keefektifan video pembelajaran diambil dari masing-masing 20 siswa X MIPA 3 dan 20 siswa X MIPA 4 dengan uji t menunjukan nilai thitung sebesar 3,705 dengan ttabel sebesar 1,685 maka diperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran kimia di kelas X SMA yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Larutan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30548

Actions (login required)

View Item View Item