PENGUJIAN BLACK BOX DENGAN METODE EQUIVALENCE PARTITIONING DAN BOUNDARY VALUE ANALYSIS (STUDI KASUS: SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MATARAM)

Putu, Ayu Desi Anggara Santi (2022) PENGUJIAN BLACK BOX DENGAN METODE EQUIVALENCE PARTITIONING DAN BOUNDARY VALUE ANALYSIS (STUDI KASUS: SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - PUTU AYU DESI ANGGARA SANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik Universitas Mataram (SIA UNRAM) adalah perangkat lunak yang dibangun dan dikelola UPT PUSTIK guna mempermudah pengguna dalam melakukan pengelolaan berbagai data dan informasi terkait akademik di Universitas Mataram. Walau telah dilakukan pengembangan sistem, ketidaksesuaian fitur dan fungsi masih dapat ditemui oleh pengguna. Sehingga pada penelitian ini dilakukan pengujian perangkat lunak pada SIA UNRAM. Pengujian perangkat lunak sangat penting untuk dilakukan agar perangkat yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta dapat menemukan dan mengurangi kesalahan yang terdapat dalam perangkat lunak. Pengujian black box merupakan salah satu pengujian perangkat lunak yang mana pengujiannya berfokus pada fungsionalitas. Pengujian ini akan menggunakan dua metode dalam melakukan analisa, yaitu equivalence partitioning dan boundary value analysis. Hasil akhir dari penelitian ini ditemukan berbagai kesalahan fitur pada 4 aktor SIA UNRAM, diantaranya mahasiwa, dosen, operator program studi, dan operator fakultas. Pada penelitian ini terdapat 4 modul pengujian dengan total kasus uji sebanyak 322 skenario, total skenario berhasil sebanyak 242 skenario, dan total defect sebanyak 80, dengan persentase total test case pass sebesar 75.16%. Hasil tersebut digunakan oleh UPT PUSTIK untuk melakukan evaluasi dan perbaikan perangkat lunak SIA UNRAM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Sistem Informasi Akademik, Pengujian Perangkat Lunak, Black Box, Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item