PENGARUH KEDALAMAN TERHADAP KANDUNGAN KLOROFIL-a DAN KAROTENOID RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK EKAS, LOMBOK TIMUR

Amalia, Febriani (2022) PENGARUH KEDALAMAN TERHADAP KANDUNGAN KLOROFIL-a DAN KAROTENOID RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI PERAIRAN TELUK EKAS, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Amalia Febriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, permintaan pasar akan rumput laut semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan akan rumput laut tersebut, maka perlu dilakukannya kegiatan budidaya. Salah satu cara dalam meningkatkan produksi rumput laut yaitu penggunaan bondre guna menjaga rumput laut dari patahnya talus atau terbawa oleh arus, serta dapat menjaga rumput laut dari hama seperti hewan herbivora. Tidak hanya penggunaan teknologi budidaya yang diterapkan, namun juga harus memperhatikan faktor lingkungan perairan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dari rumput laut K. alvarezii yaitu kedalaman. Kedalaman dalam kegiatan budidaya rumput laut akan dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya intensitas cahaya matahari yang akan didapatkan oleh rumput laut yang kemudian akan digunakan dalam proses fotosintesis. Sementara di sisi lain kandungan klorofil-a dan karotenoid juga berpengaruh dalam proses fotosintesis, sehingga dapat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput laut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui pengaruh kedalaman berbeda terhadap kandungan klorofil-a dan karotenoid rumput laut K. alvarezii. Penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan dengan penanaman pada kedalaman yaitu 0 meter, 1 meter, 2 meter, dan 3 meter di bawah permukaan air yang masing-masing diulang sebanyak 5 kali. Data dari hasil penelitian yang didapatkan tersebut dianalisis menggunakan ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Duncan taraf kepercayaan 95% dan dengan nilai signifikansi 5%. Sementara untuk mengetahui tingkat korelasi antara kedalaman dengan kandungan klorofil-a dan karotenoid dilakukan uji Regresi dengan nilai signifikansi 5%. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa rumput laut K. alvarezii yang ditanam pada kedalaman berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat spesifik, serta kandungan klorofil-a dan karotenoid. Perlakuan terbaik didapatkan pada kedalaman 0 meter dari permukaan air. Sementara hasil uji Regresi antara kedalaman dengan kandungan klorofil-a dan kandungan karotenoid memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat (semakin dalam perairan, semakin sedikit kandungan klorofil-a dan karotenoid rumput laut K. alvarezii). Sehingga disarankan untuk melakukan penanaman rumput laut yang menggunakan bondre pada kedalaman 0 meter dari permukaan air agar hasil produksi yang didapatkan lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Budidaya, K. alvarezii, klorofil-a, karotenoid, pertumbuhan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item View Item