ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TEMPE DI KOTA MATARAM

Miskatunnur, Miskatunnur (2022) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TEMPE DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI C1G018106 MISKATUNNUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Agroindustri merupakan kegiatan industri dengan memanfaatkan hasil-hasil pertanian sebagai bahan baku. Salah satu agroindustri yang potensial untuk dikembangkan adalah industri tempe, namun perkembagan industri tempe selalu dihadapkan pada permasalahan yang menyangkut bahan baku utama yaitu kedelai. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan perilaku pembelian konsumen terhadap tempe dari sisi tempat, frekuensi dan jumlah pembelian, (2) menganalisis hubungan antara perilaku pembelian dan karakteristik demografis konsumen,(3)menganalisis preferensi konsumen terhadap tempe. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Pemilihan lokasi dan responden penelitian ini menggunakan metode acak sederhana dengan unit analisis adalah konsumen yang membeli tempe di Kota Mataram. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, rank spearman, Chi-square dan conjoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perilaku pembelian konsumen tempe di Kota Mataram umumnya adalah frekuensi pembelian 25-30 kali dalam 1bulan, jumlah pembelian sebanyak 1 bungkus dalam satu kali pembelian dan tempat pembelian di pasar tradisional, 2) a. Ada hubungan antara pendapatan dengan jumlah pembelian, Tidak ada hubungan antara umur dengan frekuensi dan jumlah pembelian, pendapatan dengan frekuensi pembelian. b. Ada hubungan antara pendidikan, dan jenis kelamin dengan frekuensi pembelian. Tidak ada hubungan antara pendidikan, suku bangsa dan jenis kelamin dengan jumlah pembelian, suku bangsa dengan frekuensi pembelian (3) Produk tempe yang paling disukai konsumen adalah dengan atribut kemasan plastik, ukuran panjang, ketebalan tebal, tekstur keras, dan warna putih kekuningan, sedangkan kepentingan relatif dari atribut produk tempe yang diteliti adalah ukuran, tekstur, ketebalan, kemasan dan warna.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : tempe, konsumen, preferensi, karakteristik, frekuensi, jumlah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item