PROFIL LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DI WILAYAH PESISIR LOMBOK TIMUR

FAHMI, FAHMI (2022) PROFIL LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DI WILAYAH PESISIR LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS TERBARU 2022 edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Literasi sains merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran IPA. Literasi sains harus dimiliki oleh siswa agar dapat mengaplikasikan sains dengan tepat dan benar untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan hubungan literasi sains dan hasil belajar siswa SMP di wilayah pesisir Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuntitatif dengan metode analisis statistik korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dari 5 sekolah pesisir Lombok Timur. Teknik pengumpulan data literasi sains menggunakan tes pilihan ganda yang mengacu pada indikator literasi sains menurut PISA. Data hasil belajar didapatkan dari raport siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase. Nilai rata-rata literasi sains yang diperoleh siswa di wilayah Pesisir Lombok Timur bervariasi, SMPN 1 Keruak (48,28), SMPN 2 Keruak (46.35) dengan kriteria rendah, dan SMPN 1 Jerowaru (33.33), MTs NW Bahrul Ulum (32.12), SMPN Satap Labuhan Haji (33.73) dengan kriteria sangat rendah. Secara umum rata-rata literasi sains yang diperoleh siswa adalah 38.76 dengan kriteria sangat rendah. Rata-rata literasi sains untuk indikator mengevaluasi dan merancang pernyataan ilmiah mendapat nilai tertinggi yaitu 39,52, sedangkan rata-rata literasi sains terendah adalah indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 37,89. Hasil belajar IPA siswa SMP di wilayah Pesisir Lombok Timur dengan kriteria sangat tinggi. SMPN 2 Keruak (86.76) dengan hasil belajat teringgi dan MTs NW Bahrul Ulum (75.82) dengan hasil belajar terendah. Secara umum ratarata hasil belajar IPA siswa SMP di wilayah Pesisir Lombok Timur adalah 80.70 dengan kriteria tinggi. Literasi sains dan hasil belajar memiliki nilai signifikan. Nilai corelasi antara literasi sains dan hasil belajar sebesar 0.409

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Literasi Sains, Hasil belajar, wilayah pesisir, Lombok Timur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:17
Last Modified: 11 Aug 2022 23:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30578

Actions (login required)

View Item View Item