STUDI KOMPARATIF PERSEPSI ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PENYEBAB PUTUS SEKOLAH DI DESA DASAN GERES KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Baiq, Sri Andriani (2022) STUDI KOMPARATIF PERSEPSI ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PENYEBAB PUTUS SEKOLAH DI DESA DASAN GERES KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BAIQ SRI ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan anak putus sekolah merupakan masalah pendidikan nasional yang masih terjadi di Indonesia masih banyak anak-anak yang putus sekolah pada jejang SD,SMP,ataupun SMA. Hal ini dikarenakan perbedaan persepsi orang tua dan anak mengenai pendidikan. penelitian ini dilakukan di Desa Dasan Geres Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat dengan mengambil sampel 33 anak putus sekolah dan 33 orang tua anak putus sekolah. metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data menggunakan angket. Teori yang digunkan untuk analisis adalah teori atribusi. Hasil uji statistik persepsi orang tua dan anak terhadap penyebab putus sekolah dengan menggunakan uji wilcoxon mengahasilkan nilai T hitung sebesar 7,67 dengan taraf nyatanya 5% dengan nilai T0,05 = 17, berarti T hitung < T0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa terjadi perbedaan persepsi orang tua dan anak terhadap penyebab putus sekolah dan di uji lanjut dengan uji Z test, dimana nilai yang dihasilkan sebesar -4,078, dan dibandingkan dengan nilai Z tabel (0,05) yang sebesar -1,96 menujukan Z hitung < Z tabel, berarti Ho ditolak. Keadaan ini mengambarkan bahwa persepsi orang tua dan anak terhadap penyebab putus sekolah terjadi perbedaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: persepsi,orang tua, anak, penyebab putus sekolah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:17
Last Modified: 11 Aug 2022 23:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item