PENGARUH METODE INQUIRY TRAINING TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPS

Arisandy, M (2022) PENGARUH METODE INQUIRY TRAINING TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA SD PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Arisandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sikap sosial yang baik adalah hal yang sangat fundamental bagi peserta didik selain kemampuan intelektual dan keterampilan. Untuk menumbuhkan sikap sosial siswa dengan efektif, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode Inquiry Training terhadap sikap sosial siswa. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 siswa, sedangkan jumlah sampel penelitian yaitu 36 siswa dari dua kelas berbeda sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dihasilkan melalui teknik simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hipotesis diuji menggunakan uji ANOVA satu jalan pada signifikansi 5% dan diperoleh hasil ( ) > (4,13) yang artinya ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perolehan skor rata-rata pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Inquiry Training meliputi indikator rasa ingin tahu sebesar 46, indikator tanggung jawab sebesar 29, indikator percaya diri sebesar 38, dan indikator jujur sebesar 18. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata�rata kelas kontrol yang meliputi indikator rasa ingin tahu sebesar 40, indikator tanggung jawab sebesar 25, indikator percaya diri sebesar 33, dan indikator jujur sebesar 17. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Inquiry Training terhadap sikap sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Inquiry Training, Sikap Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:58
Last Modified: 12 Aug 2022 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30589

Actions (login required)

View Item View Item