PERANCANGAN PURWARUPA MODUL PERCOBAAN OP-AMP MENGGUNAKAN IC LM741 DI LABORATORIUM ELEKTRONIKA DAN DIGITAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM

Made Bayu Krisna Putra, I (2022) PERANCANGAN PURWARUPA MODUL PERCOBAAN OP-AMP MENGGUNAKAN IC LM741 DI LABORATORIUM ELEKTRONIKA DAN DIGITAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram memiliki Laboratorium Elektronika dan Digital. Laboratorium ini melaksanakan beberapa praktikum, salah satunya adalah praktikum Elektronika Lanjut. Namun, praktikum ini belum memiliki modul percobaan yang membahas tentang op-amp. Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang purwarupa modul percobaan op-amp menggunakan IC LM741 berbasis Arduino Uno yang terdiri dari percobaan rangkaian penguat (inverting dan non-inverting), rangkaian komparator dan komparator dengan histerisis. Tegangan keluaran yang dihasilkan oleh masing-masing percobaan akan ditampilkan pada LCD. Metode yang digunakan adalah eksperimen untuk dapat membuktikan hasil kebenaran tegangan keluaran pada percobaan berdasarkan teori. Percobaan penguat inverting dan non-inverting menghasilkan tegangan keluaran (Vout) serta gain yang bergantung pada besar variasi Rf dan Ri. Percobaan rangkaian komparator, kaki inverting sebagai Vref = -2 Volt, tegangan keluaran akan menghasilkan Vsat+ ketika Vref < Vin dan menghasilkan Vsatketika Vref > Vin. Serta kaki non-inverting sebagai Vref = -1,5 Volt, tegangan keluaran akan menghasilkan Vsat+ ketika Vref > Vin dan menghasilkan Vsat- ketika Vref < Vin. Percobaan rangkaian komparator dengan histerisis dengan R1 = 4 KΩ dan R2 = 2 KΩ akan menghasilkan VUT = 4,64 Volt, VLT = 4,67 Volt, dan VH = 9,31 Volt.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: op-amp, IC LM741, inverting, non-inverting, komparator
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item