PENGARUH APLIKASI PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR PADI BERAS HITAM SISTEM KONVENSIONAL

Romza Alfan, Moh. (2022) PENGARUH APLIKASI PUPUK HAYATI MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR PADI BERAS HITAM SISTEM KONVENSIONAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Moh. Romza Alfan_C1M017085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan dan peningkatan hasil tanaman padi dapat dilakukan dengan aplikasi pupuk hayati yang di dalamnya terdapat mikroba penghasil zat pemacu pertumbuhan tanaman, salah satunya pupuk mikoriza. Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) yang diinokulasikan pada pembibitan padi dilaporkan signifikan meningkatkan serapan N, P dan K oleh tanaman padi di lahan sawah. Dari penelitian sebelumnya dengan padi beras hitam, teknik budidaya padi sistem irigasi aerobik pada bedeng yang signifikan meningkatkan hasil gabah terutama jika disertai aplikasi pupuk hayati mikoriza. Namun yang menjadi masalah dalam pelaksanaanya adalah cepatnya pertumbuhan gulma sehingga harus sering dilakukan penyiangan selama fase vegetatif tanaman padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk hayati mikoriza terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa galur padi beras hitam. Percobaan ini dilaksanakan di sawah Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat (April-Agustus 2021), yang ditata menurut Split Plot Design dengan tiga blok dan dua faktor perlakuan yaitu galur padi (galur G3, G6 dan G9) sebagai petak utama dan aplikasi pupuk hayati mikoriza (M0= tanpa mikoriza, M1= dengan mikoriza) sebagai anak petak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa galur dan pupuk hayati mikoriza signifikan meningkatkan beberapa variabel pertumbuhan dan hasil gabah, namun demikian tidak terdapat pengaruh interaksi antar faktor perlakuan. Pada Galur G3 memiliki rata-rata tinggi tanaman yaitu 82,75 cm lebih tinggi dibanding galur G9 yaitu 76,39 cm. Berat gabah berisi yaitu perlakuan mikoriza memiliki berat gabah kering sebesar 50,74 gram lebih tinggi dibanding tanpa mikoriza yaitu 33,82 gram. Persentase kolonisasi mikoriza tertinngi terdapat pada galur G3 yaitu sebesar 20,73%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Padi Beras Hitam, Pupuk Hayati Mikoriza, Pertumbuhan dan Hasil, Galur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30601

Actions (login required)

View Item View Item