PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

ITHA, MASITHAH (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ITHA MASITHAH NIM.I2E017009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Literasi sains dan kreativitas ilmiah siswa di Indonesia tergolong masih rendah. Literasi sains dan kreativitas ilmiah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis inkuiri yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas ilmiah siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan dalam bahan ajar mengacu pada langkah-langkah pengembangan Dick and Carey terdapat sepuluh (10) tahapan. Namun pada penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap Sembilan (9) yakni pada tahap melaksanakan evaluasi formatif dan merevisi produk. Selain mengembangkan bahan ajar, peneliti juga mengembangkan silabus, RPP, dan instrumen evaluasi. Penelitian ini hanya berfokus pada tingkat kelayakan bahan ajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi yang dinilai oleh ahli produk dan ahli media untuk mengukur tingkat validasi. Kepraktisan pembelajaran dikumpulkan menggunakan angket keteralaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan siswa terhadap penggunaan bahan ajar IPA berbasis inkuiri. Instrumen literasi sains menggunakan soal pilihan ganda dan kreativitas dikumpulkan menggunakan soal essay. Teknik analisis data menggunakan Aiken’s V untuk mengukur kevalidan bahan ajar, tingkat kepraktisan dianalisis menggunakan porsen kepraktisan serta keefektifan bahan ajar IPA dianalisis menggunakan gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil analisis validitas dengan menggunakan indeks Aiken dan analisis reliabilitas dengan menggunakan persentase setuju, diketahui bahwa bahan ajar IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan reliabel. Bahan ajar IPA berbasis inkuiri praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan kreativitas ilmiah siswa. Bahan ajar IPA berbasis inkuiri layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Bahan Ajar IPA; Inkuiri; Literasi Sains; Kreativitas Ilmiah; Perubahan Iklim
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30602

Actions (login required)

View Item View Item