IDENTIFIKASI PENYEBAB GANGGUAN KOMPONEN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE FMEA BERBASIS FTA DI PT PLN (PERSERO) AREA MATARAM

Fadilah, Kurniati (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB GANGGUAN KOMPONEN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE FMEA BERBASIS FTA DI PT PLN (PERSERO) AREA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA_FADILAH_F1B115009 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam operasi sistem tenaga listrik tidak terlepas dari gangguan yang terjadi yang dapat membahayakan keseluruhan sistem. Pada PT. PLN (Persero) UP3 Mataram gangguan tersebut menyebabkan terjadinya penurunan keandalan sistem tenaga listrik dan kualitas energi yang disalurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama gangguan jaringan distribusi listrik dan menentukan prioritas tindakan perbaikan gangguan yang harus dilakukan pada Area Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Fault Tree Analysis dan Failure Mode And Effect Analysis. Tahap Fault Tree Analysis digunakan untuk mengetahui kombinasi kejadian dasar yang menyebabkan gangguan jaringan distribusi. Sedangkan tahap Failure Mode And Effect Analysis digunakan untuk mengetahui prioritas perbaikan gangguan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa penyebab utama gangguan jaringan distribusi ada tiga yaitu umur komponen dengan 10 kejadian, gangguan alam dengan 8 kejadian, dan gangguan manusia dengan 2 kejadian. Didapatkan urutan prioritas perbaikan kerusakan jaringan distribusi yang memiliki nilai risk priority number tertinggi sampai yang terendah yaitu tiang listrik tegangan menengah, tiang listrik tegangan rendah, suspension fixed dan dead end, konduktor, low voltage twisted cable, isolator, transformator, cut out, dan arrester. Dari gangguan tersebut rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk mengantisipasi kerusakan komponen jaringan distribusi listrik adalah pemeliharaan pada jaringan tegangan menengah terdiri dari pemeliharaan tiang listrik, kondutor, cut out, dan isolator. Sedangkan pemeliharaan pada jaringan tegangan rendah meliputi pemeliharaan LVTC. Serta perlu adanya kerjasama antara masyarakat, pihak PLN dan aparat dalam pengawasan serta pengamanan demi kelancaran dan keandalan kelistrikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Gangguan jaringan distribusi, FTA, FMEA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30605

Actions (login required)

View Item View Item