ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 6 MATARAM

Khairatun, Nafisah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ KHAIRATUN NAFISAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan awal matematika siswa kelas IX SMPN 6 Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian siswa kelas IX-C SMPN 6 Mataram dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari masing-masing 2 siswa kategori kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) 2 siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi mampu memenuhi tiga tahap indikator Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kategori baik. (2) 2 siswa dengan kemampuan awal matematika sedang hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kategori kurang. (3) 2 siswa dengan kemampuan awal matematika rendah hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal Matematika, Polya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item