PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

JAMI’ATUL, AULIA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_JAMI'ATUL AULIA_I2E020015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik (e-modul) IPA berbasis inkuiri yang valid, praktis dan efetif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan minat belajar peserta didik. Pengembangan e-modul IPA berbasis inkuiri menggunakan model 4D yaitu define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas VII di SMPN 4 Taliwang dan SMPN 7 Taliwang. Hasil uji validitas e-modul IPA berbasis inkuiri dilakukan oleh tiga dosen ahli Magister Pendidikan IPA memperoleh nilai rata-rata e-modul 81%, silabus 89%, RPP 84%, LKPD 84%, instrument penguasaan konsep 81% dan instrument minat belajar sebesar 81% dengan kategori pada semua aspek adalah sangat valid. Hasil uji kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata 88% dengan kategori sangat praktis/terlaksana sangat baik. Angket respon pendidik memperoleh nilai rata-rata 87% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektivan menggunakan NGain terhadap penguasaan konsep memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 1 sebesar 73% dan 72% pada kelas eksperimen 2 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 31% dengan kategori sedang. Hasil uji N-Gain per indikator penguasaan konsep memperlihatkan adanya peningkatan yaitu pada indikator C1 sebesar 86% dan indikator C2 sebesar 82% dengan kriteria tinggi sedangkan pada indikator C3 dan C4 memperoleh rata-rata sebesar 68% dan 60% dengan kriteria sedang. Hasil analisis minat belajar memperoleh skor rata-rata sebesar 82% dengan kategori setuju sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 46,7% dengan kategori tidak setuju. Hasil analisis minat belajar peindikator memperlihatkan adanya peningkatan pada indikator III yaitu ketertarikan untuk belajar memperoleh skor rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: E-Modul IPA Berbasis Inkuiri, Kemampuan Penguasaan Konsep, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item