ANALISIS PENDAPATAN, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU 151 A DI KELURAHAN ABIANTUBUH BARU KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

HAMDATUS, SOLEHA (2022) ANALISIS PENDAPATAN, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU 151 A DI KELURAHAN ABIANTUBUH BARU KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hamdatus Soleha_065852...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis pendapatan yang diperoleh agroindustri tahu 151 A. 2) Menganalisis nilai tambah yang diperoleh agroindustri tahu 151 A. 3) Merumuskan strategi pengembangan agroindustri 151 A. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menerapkan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian adalah agroindustri 151 A di Kelurahan Abiantubuh Baru Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik dan para pegawai. Analisis data menggunakan analisis nilai tambah, rumus pendapatan, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Agroindustri tahu 151 A merupakan usaha yang menguntungkan yang diindikasikan oleh R/C Ratio lebih besar dari satu (R/C = 1,84) yang digambarkan dengan pendapatan bernilai positif yaitu sebesar Rp. 228.246 per proses produksi atau Rp 6.847.371,- dalam sebulan. (2) Pada agroindustri 151 A dengan menggunakan bahan baku kedelai sebanyak 10 kg diperoleh nilai output sebesar Rp.50.001 per kg tahu dengan nilai tambah sebesar 48,98% atau senilai Rp.24.491/kg,-. (3) Strategi pengembangan bisnis yang dapat dikembangkan agroindustri tahu 151 A guna mempertahankan sekaligus meningkatkan pendapatannya meliputi : (a) agroindustri Tahu 151 A dapat memanfaatkan cita rasa produk, brand dan kemasan yang menarik untuk meraih pasar dalam even-even internasional (b) memanfaatkan izin usaha untuk memperoleh kredit guna menambah modal untuk memperluas perkembangan usaha (c) menjalin kemitraan dengan E-commerce untuk mempermudah pelanggan melakukan transaksi lebih efektif (d) menggunakan modal, brand dan inovasi produk untuk melakukan promosi guna meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk (e) memaksimalkan jaringan dan relasi serta menjaga hubungan baik dengan semua pihak guna meraih peluang pasar di even-even internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Agroindustri, Pendapatan, Nilai Tambah, Pengembangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item