ANALISIS PENDAPATAN PETANI YANG MELAKUKAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI USAHA PERIKANAN DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Samsul, Hadi (2022) ANALISIS PENDAPATAN PETANI YANG MELAKUKAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI USAHA PERIKANAN DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAMSUL HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah Untuk menganalisis pendapatan petani sebelum alih fungsi lahan pertanian menjadi usaha perikanan di Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.Untuk mengetahui pendapatan petani sesudah alih fungsi lahan pertanian menjadi usaha perikanan di Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.Untuk mengetahui bagaimana perbandingan pendapatan petani sebelum dan sesudah alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan perikanan di Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Penelitia ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data perimer dari wawancara para petani yang melakukan alih fungsi halan pertaniannya menjadi lahan perikanan yang ada di Kecamatan Batukliang Utara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari lembaga instansi pemerintah atau dinas-dinas yang terkait dalam penelitian ini seperti Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lombok Tengah, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Tengah, Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat, KCD Pertanian Kecamatan Batukliang Utara, selain itu data skunder juga diperoleh dari buku, jurnal, skripsi, serta publikasi terkait. Sedangkan penentuan daerah sampel dilakukan secara Purposive Sampling, penetuan jumlah petani responden dilakukan secara Quota sampling dan penentuan responden petani setiap desa dilakukan secara Random Sampling. Hasil analisi data menunjukkan bahwa Alih fungsi lahan sawah menjadi lahan perikanan lebih menguntungkan dengan indikator R/C rasio pada usaha perikanan 2,3 dan usahatani padi 2,2. Demikian juga pada B/C ratio pada usaha perikanan sebesar 1,3 dan usahatani padi 1,2. Pendapatan/tahun usahatani padi 397.716/are dan 9.386.102/Tahun sedangkan pada usaha perikanan 3.979.663/are dan pendapatan 74.552.349/Tahun. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis statistik T hitung sebesar 0.39 dan F tabel sebesar 4.04, menunjukkan bahwa hasilnya sangat berbeda nyata.2 Saran yang dapat diajukan sebagai berikut : (1) Pemerintah menyediakan infrastruktur dan pemasaran yang lebih baik agar para petani dapat menjalankan operasional usahanya secara maksimal. (2) Pemerintah dapat membantu petani dengan menyediakan pupuk dan pakan ikan dengan harga yang terjangkau supaya usaha berjalan dengan baik. (3) Bagi petani perikan harus selalu membuat inovasi yang baru dalam setiap kegatan yang dilakukan guna untuk meningkatkan nilai jual maupun meningkatkan produksi dalam usahanya. (4) Para petani perikanan harus menyediakan tempat pengolahan hasil usahanya biar tidak hanya menjual hasil mentahnya saja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lahan, Alih Fungsi, Pertanian,Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:25
Last Modified: 12 Aug 2022 06:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30611

Actions (login required)

View Item View Item