STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KACANG METE (STUDI KASUS PADA PT. KHRISNA DUTA NUSANTARA) DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

LAILY, OKTAVIA WULANDARI (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KACANG METE (STUDI KASUS PADA PT. KHRISNA DUTA NUSANTARA) DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAILY OKTAVIA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengidentifikasi faktor eksternal dan internal PT. ABCDE di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (2). Menganalisis strategi pemasaran olahan kacang mete yang tepat bagi PT. ABCDE Di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (3). Mengindefikasi alternatif strategi yang sesuai dan terbaik bagi PT. ABCDE di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Faktor interal terdiri atas kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatannya meliputi Bahan baku terpenuhi, Produk memiliki aneka rasa, Kualitas produk terjamin, Ukuran produk yang beragam, Harga jual bersaing, Fasilitas produksi memadai, dan kapasitas produksi terpenuhi. Kelemahannya meliputi Produk tidak bertahan lama, Kurangnya manajemen perusahaan, Kurangnya riset pasar, Tidak memiliki situs web, Penjualan turun, Penilaian kinerja kurang optimal. Faktor eksternal terdiri atas peluang dan ancaman. Peluang meliputi Ketersediaan kredit, Tingkat pendapatan masyarakat, Pertambahan penduduk, Gaya hidup, Subsidi pemerintah, Perkembangan media internet, dan Lokasi bisnis. Sedangkan ancaman meliputi Tingkat suku bunga, Inflasi, Tarif pajak, Banyak pesaing, Produk pengganti, dan Kekuatan pemasok. (2) Berdasarkan hasil analissis SWOT PT. ABCDE di dapatkan bahwa perusahaan ini berada pada kuadran satu artinya perusahaan berada pada situasi yang menguntungkan karena mampu memanfaatkan kekuatan internal untuk mengejar peluang dan menghindari ancaman. Jadi dari keempat strategi yang diperoleh dari matriks SWOT dipilih satu strategi yakni strategi S-O sebagai strategi pemasaran PT. ABCDE. Strategi S-O meliputi penetrasi pasar, integrasi kebelakang, dan pengembangan produk.(3) Berdasarkan Matriks QSPM, dari ketiga strategi alternatif S-O Pilihan strategi alternatif yang paling efektif dan efisien adalah Berinovasi terhadap produknya dengan jumlah total daya tarik tertinggi yakni 3,924.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pemasaran, Kacang Mete, SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:15
Last Modified: 12 Aug 2022 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item