ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN IPS DALAM MATERI PERAN EKONOMI DI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V DI SDN 30 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022

Putri, Nadilla Azhar (2022) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN IPS DALAM MATERI PERAN EKONOMI DI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V DI SDN 30 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
13032022 FIX Putri Nadilla Azhar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pembelajar IPS yang dialami siswa dalam materi peran ekonomi di masyarakat dan mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas V di SDN 30 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V di SDN 30 Ampenan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu, tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi sebesar 58,82% (cukup tinggi), tingkat kesulitan belajar siswa dalam aspek pemecahan masalah sebesar 50% (cukup tinggi), tingkat kesulitan siswa dalam keterampilan berdiskusi sebesar 47,06% (cukup tinggi), tingkat kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek sikap kurang baik dalam belajar sebesar 44,12% (cukup rendah), tingkat kesulitan belajar siswa ditinjau dalam aspek motivasi belajar sebesar 41,18% (cukup rendah), tingkat kesulitan belajar siswa ditinjau dalam aspek kesehatan tubuh sebesar 41,18% (cukup rendah), dan tingkat kesulitan siswa ditinjau dalam aspek kemampuan pengindraan 100% sangat baik. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu guru memastikan kesiapan siswa sebelum pembelajaran, guru menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi, guru memberikan contoh permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa, dan memberikan evalusi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:15
Last Modified: 12 Aug 2022 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item View Item