ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN PALA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Oki, Pratama Putra (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN PALA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI OKI PRATAMA PUTRA (C1G018134)...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis biaya dan pendapatan usaha produk olahan pala. 2) Untuk mengetahui atribut-atribut produk agroindustri olahan pala yang dirasa penting oleh konsumen dalam membeli produk olahan pala. 3) Untuk mengetahui tingkat kinerja atribut-atribut yang ada pada produk olahan pala. 4) Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan pala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Unit analisis dalam penelitian ini adalah produsen dan konsumen produk olahan pala di Kabupaten Lombok Tengah, Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan dengan wawancara tatap muka, observasi langsung dan pengumpulan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang ada dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh agroindustri pala di Lombok Tengah dalam sekali proses produksi adalah Rp. 299.355 untuk produk Manisan Pala, Rp. 243.145 untuk produk Sirup Pala, dan Rp. 236.817 untuk produk Teh Pala. Rata-rata pendapatan yang diperoleh dalam satu kali proses produksi sebesar Rp. 330.645 untuk produk Manisan Pala, Rp. 356.855 untuk produk Sirup Pala, dan Rp. 513.183 untuk produk Teh Pala. 2) Atribut produk olahan pala yang dianggap sangat penting bagi konsumen dalam membeli produk olahan pala adalah Kemasan, Harga dan Variasi Menu. Sedangkan atribut yang dirasa kurang penting bagi konsumen adalah Keamanan, Pelayanan dan Rasa. 3) Berdasarkan perhitungan metode Importance Perfomance Analysis (IPA) atribut produk olahan pala yang memiliki tingkat kinerja paling tinggi adalah keamanan, harga, dan rasa. Sedangkan atribut yang memiliki tingkat kinerja yang rendah adalah variasi menu, kemasan dan pelayanan. Sehingga atribut yang perlu diperbaiki kinerjanya berada pada kuadran I yaitu kemasandan variasi menu, selain itu perusahaan juga bisa meningkatkan atau mempertahankan kinerja atribut yang berada pada kuadran II yaitu Harga. 4) Berdasarkan hasil perhitungan, nilai Customer Satisfaction Index (CSI) Produk Olahan Pala yaitu sebesar 81.11 persen untuk manisan pala, 81.70 persen untuk sirup pala dan 81.74 persen untuk teh pala yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa sangat puas terhadap produk olahan pala di Kabupaten Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Biaya, Pendapatan, Tingkat Kepuasan dan Buah Pala.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:15
Last Modified: 12 Aug 2022 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item View Item