PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPENAN

Ayu, Diana (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TIKET WISUDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning, mengetahui kelayakan LKPD, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam untuk kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Peneliti ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN 23 Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam untuk kelas IV SD. Kelayakan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan penilaian dari validator ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 4, penilaian ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata skor 3.5. Hasil uji coba lapangan kelompok kecil berdasarkan penilaian respon guru mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.8, penillaian respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.6. Sedangkan hasil uji coba lapangan kelompok besar berdasarkan penilaian respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata skor 3.3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Discovery Learning, LKPD, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:15
Last Modified: 12 Aug 2022 08:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item