PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMPN 7 MATARAM

Jihan, Juliastari (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMPN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JIHAN JULIASTARI (E1A018039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas Ilmiah merupakan kompetensi yang sangat penting pada abad XXI karena berkontribusi menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan ilmiah, sehingga keterampilan ini perlu dikembangkan pada siswa melalui penerapan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kreativitas ilmiah siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Variabel bebas penelitian adalah penerapan model pembelajaran yang berbeda, sementara variabel terikat penelitian adalah kreativitas ilmiah siswa. Data kreativitas ilmiah diperoleh dari hasil tes urain. Instrumen tes disusun atas modifikasi tes kreativitas ilmiah dari Hu and Adey. Uji hipotesis data menggunakan ANACOVA dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa peserta didik yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (kelas eksperimen) memiliki skor posttest 68,54 yang lebih tinggi dari peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) dengan skor posttest 47,51. Hasil uji ANACOVA menunjukkan nilai sig. (p) = 0,000 lebih besar dari alpha 0,05 sehingga menunjukan adanya perbedaan yag signifikan antara rerata skor kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STM berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kreativitas ilmiah, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran inovatif, pembelajaran IPA SMP. sains teknologi masyarakat,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 00:44
Last Modified: 15 Aug 2022 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30632

Actions (login required)

View Item View Item