HUBUNGAN PENGELOMPOKAN LEVEL LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 1 BELEKA TAHUN AJARAN 2021/2022

Leni, Oktaviani (2022) HUBUNGAN PENGELOMPOKAN LEVEL LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 1 BELEKA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Leni Oktaviani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menghadapi era ke-21, siswa diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan dan menerapkan berbagai strategi penalaran dasar dan imajinatif saat membaca, mengarang, dan menangani masalah. Pengetahuan dapat diperoleh melalui berbagai kegiatan, salah satunya dengan membaca. Oleh karena itu, kemampuan membaca siswa harus dikembangkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran literasi (membaca) di sekolah adalah pendekatan “Semua Anak Cerdas” (SAC). Dalam pendekatan SAC siswa-siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat atau level kemampuannya dengan tidak memperhatikan berapa usia siswa tersebut, dan dalam hal ini model pembelajaran semacam ini telah terbukti berhasil dalam mengurangi anak-anak buta huruf di berbagai negara. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengelompokkan level literasi, mengidentifikasi kemampuan membaca siswa dan mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan pengelompokkan level literasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 1 Beleka tahun ajaran 2021/2022 serta bagaimana tingkat dari hubungan tersebut. Jenis penelitian ini adalah korelasional serta populasi dalam penelitian ini ialah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji analisis deskripstif, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis sedangkan untuk teknik penyajian data dalam bentuk histogram. Hasil identifikasi pengelompokkan level literasi dan hasil kemampuan membaca siswa menunjukkan dalam kategori cukup dan baik serta uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan N=52 pada signifikansi 5%, diperoleh hasil 0.869 (rhitung) > 0.195 (rtabel), maka hipotesis (Ha) yang diajukan diterima. Maka, dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara pengelompokkan level literasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 1 Beleka tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : Pengelompokkan Level Literasi, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 00:44
Last Modified: 15 Aug 2022 00:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30635

Actions (login required)

View Item View Item