PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIK

Muhammad, Rasyid Ridha (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Rasyid Ridha(E1Q017037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dengan mengembangkan perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall dengan tahapan Reserarch and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary form of Product, Prelimenary Field Testing, Final Product Revision, dan Dessimation. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrumen tes kreativitas. Intstrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar kepraktisan, dan instrumen tes kreativitas. Kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan angket validasi yang dinilai oleh enam validator yaitu tiga dosen ahli dan tiga guru praktisi yang kemudian dianalisis menggunakan skala likert. Efektivitas perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan menggunakan analisis uji N-gain. Kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan angket respon guru dan peserta didik serta lembar keterlaksanaan. Hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan skala likert menunjukkan kategori sangat layak. Kreativitas mengalami peningkatan dengan menggunakan hasil rata-rata uji N-gain adalah 0,40 dengan kategori sedang. Hasil analisis angket respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran model PJBL-STEM menunjukkan kepraktisan dengan kategori sangat baik dan baik. Hasil keterlaksanaan kegiatan guru model dan peserta didik menunjukan kepraktisan sangat baik dan baik. Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model PjBL berbasis STEM yang dikembangkan layak, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan perangkat, PjBL, STEM, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:38
Last Modified: 15 Aug 2022 04:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30641

Actions (login required)

View Item View Item