STRATEGI RINJANI-LOMBOK UNESCO GLOBAL GEOPARK DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI NUSA TENGGARA BARAT

Elfa, Septiana (2022) STRATEGI RINJANI-LOMBOK UNESCO GLOBAL GEOPARK DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELFA SEPTIANA_L1A018035..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SDGs merupakan tujuan global yang tetap membutuhkan upaya-upaya bersifat lokal untuk mencapainya.RL-UGGp sebagai salah satu INGO juga berupaya untuk melakukan pengembangan geopark dalam pencapaian tujuantujuan SDGs yang relevan.Akan tetapi, dalam perjalanannya upaya dari RLUGGp untuk mencapai SDGs sering dipandang sebagai sebuah hayalan (utopia).Hal tersebut disebabkan karena keterbatasannya dalam hal SDM, modal dan wewenang yang ditambah dengan tantangan berupa bencana gempa bumi dan Pandemi Covid-19 yang telah terjadi tepat setelah RL-UGGp resmi mendapatkan status sebagai UGG. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi RL-UGGp dalam mengembangkan geopark untuk pencapaian SDGs di NTB.Kerangka konsep yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah konsep Geopark dan konsep Sustainable Development Goals dengan jenis penelitian yaitu menggunakan penelitian deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi-strategi yang disusun dan dijalankan oleh RL-UGGp pada 6 tujuan SDGs yang relevan dengan pengembangan geopark hampir sama, tetapi dalam bentuk program-program yang berbeda. Strategi-strategi tersebut hanya bisa mendukung tercapainya beberapa target yang relevan saja, sehingga masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Geopark, Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, Sustainable Development Goals
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 05:38
Last Modified: 15 Aug 2022 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item