KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DI KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH DALAM MENYERAP ASPIRASI MASYARAKAT

MASSUANTO, MASSUANTO (2022) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DI KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH DALAM MENYERAP ASPIRASI MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MASSUANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan suatu lembaga yang bertujuan menyampaikan suara masyarakat kepada pemerintah desa, dan bekerja sama dengan pemerintah desa dalam mencapai tujuan bersama, baik itu di bidang kemasyarakatan ataupun pembangunan yang berguna sebagai badan legislasi, pengawasan, menampung serta menyalurkan aspirasi masyarakat. pelayanan publik yang dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa di Kecamatan Janapria dalam menyerap aspirasi masyarakat. Berdasarkan pengamatan sementara peneliti, Badan Permusyawaratan Desa Di Kecamatan Janapria khususnya di Desa Paroko, Desa Loang Maka dan Desa Langko belum berjalan dengan baik dikarenakan komunikasi yang kurang baik terjalin antara BPD dengan masyarakat. Sehingga pelayanan yang diberikan oleh BPD tidak berjalan dengan maksial. enelitian ini bertujuan ntnuk untuk mengambarkan Praktik Komunikasi Badan Permusyawatan Desa dalam menyerap aspirasi masyarakat. untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa dalam menyerap aspirasa masyarakat di Kecamatan Janapria Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yaitu; interview (wawancara), observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari informan kunci (key informan); informan utama; informan tambahan. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah rekaman wawancara, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Creswel yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi pelayanan publik yang dilakukan BPD dalam menyerap dan myenyalurkan aspirasi masyarakat desa Langko sudah berjalan dengan baik. Media komunikasi yang dignakan BPD dalam berkomunikasi dengan masyarakat yaitu denga cara tatap muka. Pelaksanan menyenyerap aspirasi masyarakat dan menyalurkan aspirasi yang dilakukan BPD yaitu melalui percakapan langsung dalam kegiatan musyawarah. Untuk menggali aspirasi masyarakat secara mendalam, BPD juga melakukan penggalian aspirasi di luar forum, ini dikarenakan masyarakat tidak bisa menyampaikan aspirasi dan ide dalam musyawarah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: komunikasi pelayanan publik Badan Permusyawaratab Desa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 05:38
Last Modified: 15 Aug 2022 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30645

Actions (login required)

View Item View Item