PENGARUH DINAMIKA INTERNAL DAN EKSTERNAL UNI EMIRAT ARAB DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN NORMALISASI DIPLOMATIK UNI EMIRAT ARAB-ISRAEL

AMALIA, HASANAH (2022) PENGARUH DINAMIKA INTERNAL DAN EKSTERNAL UNI EMIRAT ARAB DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN NORMALISASI DIPLOMATIK UNI EMIRAT ARAB-ISRAEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skrispsi Revisited, (Amalia Hasanah, L1A016011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk menganalisa pengaruh dinamika internal dan eksternal UEA terhadap pengambilan kebijakan normalisasi Israel-UEA. Dalam penelitian ini digunakan teori kebijakan luar negeri dari Snyder, Bruck dan Sapin yaitu teori internal-external setting. Lebih jauh lagi, Konsep normalisasi yang dicetuskan Barston digunakan untuk memahami normalisasi Israel-UEA. Datadata sekunder yang terkumpul dianalisa dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh dinamika internal dan eksternal UEA dalam kebijakan normalisasi Israel-UEA. Salah satu dinamika internal yang berpengaruh ialah letak geografis UEA yang terhimpit diantara dua kekuatan terbesar regional, kondisi ini meningkatkan ancaman keamanan bagi UEA. Peranan dinamika eksternal, salah satunya dapat dilihat dari situasi Timur Tengah dan intensi kuat Trump untuk mendekatkan Israel dengan sekutu AS di Timur Tengah. Beberapa dekade terakhir, UEA dan Israel memiliki hubungan buruk dengan Iran. Sebaliknya, Iran juga memiliki pandangan negatif terhadap monarki UEA, Kerajaan Arab Saudi (KAS), dan Bahrain. Dengan demikian mengkonstruksi sikap antipati antar kedua kubu. UEA memiliki kepentingan untuk normalisasi dengan Israel, namun kepentingan ini terhalang oleh beberapa polemik. Misalnya, kapan momentum yang tepat untuk memformalisasi hubungan mereka? bagaimana cara menormalisasi tanpa merusak hubungan UEA dengan Negara Arab? Polemik ini menemukan pemecahan saat gedung putih mengajukan Trump Peace To Prosperity Plan. Terlepas dari, ditolaknya Trump Peace To Prosperity Plan sejak pertama kali pengusulan, proposal tersebut memberi dalih bagi UEA untuk normalisasi tanpa terlihat mengabaikan isu palestina.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Key word: Abraham Accordss, Normalisasi Penuh Israel-UEA, Dinamika Internal, Dinamika Eksternal.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:06
Last Modified: 15 Aug 2022 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item