KEKUATAN HUKUM PERJANJIAN/KONTRAK LISAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 85/Pdt.G/2018/PN.Sel)

LALU, ADITIYA PERMANA (2022) KEKUATAN HUKUM PERJANJIAN/KONTRAK LISAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 85/Pdt.G/2018/PN.Sel). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU ADITIYA PERMANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hukum kontrak lisan dalam pengadaan barang/jasa oleh pemerintah dan bagaimana pertimbangan hukum Hakim pada putusan perkara nomor 85/Pdt.G/2018/PN.Sel., terkait pengadaan barang/jasa pemerintah. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan sosiologis. Adapun permasalahan yang diteliti adalah bagaimana kekuatan hukum perjanjian/kontrak lisan dalam praktek pengadaan barang/jasa pemerintah dan pertimbangan hukum apa yang digunakan Hakim dalam Putusan Nomor 85/Pdt.G/2018/PN.Sel. Hasil penelitian bahwasannya kekuatan hukum kontrak lisan dalam pengadaan barang atau jasa adalah merupakan kontrak yang lemah karena dibutuhkan kontrak tertulis untuk dijadikan sebagai alat untuk pembuktian. Pertimbangan hukum yang Majelis Hakim gunakan pada perkara Putusan nomor 85/Pdt.G/2018/PN.Sel., adalah dengan mengacu pada ketentuan Pasal 1313 KUH Perdata, Pasal 1320 KUHP Perdata, Pasal 1338 KUHP Perdata. Yang mana pada kasus ini Majelis Hakim hanya melihat dari sisi wanprestasi saja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kekuatan Hukum, Pengadaan Barang/Jasa, Kontrak Lisan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:06
Last Modified: 15 Aug 2022 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30656

Actions (login required)

View Item View Item