ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BERDASARKAN TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

Zanirah, Permatasari (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BERDASARKAN TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT (AQ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat dan hubungan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan tingkat Adversity Quotient (AQ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat AQ siswa kelas VIII MTsN 2 Mataram secara umum dominan berada pada tingkat AQ sedang (camper) yaitu sebanyak 23 siswa (71,88%) dari 32 siswa yang mengisi angket. Dalam pemecahan masalah matematika sesuai tahapan Polya, siswa yang berada pada tingkat AQ tinggi (climber) memiliki kemampuan dengan tingkat sedang pada tahap memahami masalah, mengembangkan dan melaksanakan rencana penyelesaian, serta memiliki kemampuan dengan tingkat kurang pada tahap memeriksa kembali. Siswa pada tingkat AQ sedang (camper) memiliki kemampuan dengan tingkat sedang pada tahap memahami masalah, memiliki kemampuan dengan tingkat baik pada tahap mengembangkan dan melaksanakana rencana penyelesaian, serta memiliki kemampuan dengan tingkat kurang pada tahap memeriksa kembali. Siswa pada tingkat AQ rendah (quitter) memiliki kemampuan dengan tingkat sedang pada tahap memahami masalah, mengembangkan dan melaksanakan rencana penyelesaian, serta memiliki kemampuan dengan tingkat kurang pada tahap memeriksa kembali. Selanjutnya, hasil analisis korelasi menunjukkan hubungan yang sangat rendah antara tingkat AQ dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dikarenakan siswa climbers yang belum mampu melakukan semua tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik, kebiasaan siswa yang hanya mengandalkan hafalan rumus ketika menghadapi masalah matematika, dan kebiasaan diskusi ketika tes tertulis berlangsung yang menjadikan siswa tidak bisa fokus maksimal dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Matematika, Pemecahan Masalah, Adversity Quotient (AQ)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:07
Last Modified: 15 Aug 2022 06:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30663

Actions (login required)

View Item View Item