ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Insani, Tsaqila (2022) ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-INSANI TSAQILA_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Agroindustri berbahan baku jagung termasuk dalam industri pengolahan makanan dan minuman hasil pertanian yang memiliki peran dalam pembangunan perekonomian di Kabupaten Lombok Tengah. Kehadiran agroindustri dapat memperpanjang masa manfaat dari jagung sehingga menyebabkan tidak mudah rusak dan memberikan nilai tambah. Produk agroindustri berbahan baku jagung memiliki peluang yang besar untuk terus dikembangkan. Hal tersebut dikarenakan bahan baku yaitu jagung yang melimpah dan mudah didapatkan. Selain itu, produk agroindustri berbahan baku jagung juga dapat menjangkau pasar yang cukup luas hingga ke luar daerah pulau Lombok. Berbagai produk agroindustri berbahan baku jagung seperti marning jagung, emping jagung dan tortilla jagung digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Pemasaran produk agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah dipasarkan di warung- warung atau toko-toko dan e-commers. Produk agroindustri berbahan baku jagung ini sudah memiliki pasar hingga ke luar pulau Lombok dan sering dijadikan oleh-oleh khas Lombok. Tingginya permintaan terhadap produk agroindustri berbahan baku jagung harus diikuti dengan upaya pengembangan masyarakat untuk meningkatkan produksi, sehingga akan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dan dapat membuka kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat. Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka perlu dilakukan penelitian mengenai “Analisis Keuntungan Usaha dan Pemasaran Produk Agroindustri Berbahan Baku Jagung di Kabupaten Lombok Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis besarnya keuntungan usaha agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah, (2) Untuk menganalisis saluran pemasaran produk agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam usaha agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah unit usaha agroindustri berbahan baku jagung yang diolah menjadi marning jagung, emping jagung dan tortilla jagung di Kabupaten Lombok Tengah. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan metode “Purposive Sampling” dimana dipilih sebanyak tiga kecamatan yaitu Kecamatan Praya, Kecamatan Pringgarata dan Kecamatan Kopang, selanjutnya untuk setiap kecamatan dipilih Desa Mekar Damai di Kecamatan Praya, Desa Bilebante di Kecamatan Pringgarata, dan Desa Kopang Rembiga di Kecamatan Kopang yaitu secara “Purposive Sampling”. Penentuan jumlah responden pengusaha dilakukan secara sensus yaitu masing-masing responden marning dan emping jagung sebanyak 2 unit, marning jagung sebanyak 3 unit dan tortilla jagung sebanyak 2 unit dengan total responden sebanyak 7 unit. Penentuan responden pedagangxiv dilakukan secara “Snowball Sampling” yaitu dengan menelusuri lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran produk agroindustri berbahan baku jagung mulai dari tingkat produsen (pengusaha) sampai ke tingkat konsumen akhir. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik survei. Adapun komponen yang dianalisis adalah biaya produksi usaha agroindustri berbahan baku jagung, penerimaan yang diperoleh pada usaha agroindustri berbahan baku jagung, keuntungan usaha agroindustri berbahan baku jagung, saluran pemasaran produk agroindustri berbahan baku jagung dan kendala yang dihadapi dalam usaha agroindustri berbahan baku jagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keuntungan agroindustri marning yaitu sebesar Rp 921.133 untuk satu kali proses produksi dengan total biaya produksi sebesar Rp945.533 dan total penerimaan sebesar Rp1.866.667; keuntungan agroindustri tortila yaitu Rp 369.828 untuk satu kali proses produksi dengan total biaya produksi sebesar Rp 406.172 dan total penerimaan yaitu Rp776.000; keuntungan agroindustri marning dan emping yaitu sebesar Rp 762.187untuk satu kali proses produksi dengan total biaya produksi sebesar Rp 2.677.813 dan total penerimaan yaitu Rp3.440.000. (2) Saluran pemasaran produk agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah yaitu produk marning,tortila dan emping menggunakan satu saluran pemasaran yaitu Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. (3) Kendala yang dihadapi oleh pengusaha agroindustri berbahan baku jagung di Kabupaten Lombok Tengah yaitu kendala cuaca dan terdapat satu pengusaha yang mengalami kendala modal. _________________________________

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keuntungan, Pemasaran, Agroindustri, Jagung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:55
Last Modified: 16 Aug 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item