POTENSI DAN BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA LENEK RAMBAN BIAK KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

AYU, SRI JUNIARTI (2022) POTENSI DAN BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA LENEK RAMBAN BIAK KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU SRI JUNIARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Potensi dan Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Lenek Ramban Biak Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menejelaskan potensi yang dimiliki desa Lenek Ramban Biak dalam rangka pengembangan serta untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata di desa Lenek Ramban Biak Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur. Urgensi dari penelitian ini yaitu dikarenakan desa wisata Lenek Ramban Biak memiliki beberapa potensi wisata akan tetapi pengelolaannya belum optimal. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori Strukturasi Anthonny Giddens dan teori tindakan sosial Max Webber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analsis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Lenek Ramban Biak memiliki potensi wisata berupa potensi fisik dan potensi non fisik. Potensi fisik berupa mata air, hutan lindung, iklim yang sejuk, pepohonan yang masih asri, dan flora dan fauna khas daerah Desa Lenek Ramban Biak. Potensi non fisik berupa kondisi masyarakat yang ramah tamah, adanya lembaga sosial dan kreativitas dari aparatur desa. Selain itu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pengembangan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, dan terakhir evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : potensi, partisipasi, pengembembangan, desa wisata.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:55
Last Modified: 16 Aug 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30676

Actions (login required)

View Item View Item