STUDI PERILAKU SOSIAL REMAJA PEMAIN GAME ONLINE DI DUSUN MONTONG BETER KECAMATAN SAKRA BARAT

DENDI, ANUGRAHA (2022) STUDI PERILAKU SOSIAL REMAJA PEMAIN GAME ONLINE DI DUSUN MONTONG BETER KECAMATAN SAKRA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DENDI ANUGRAHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Game Online merupakan dunia baru yang marak bagi anak-anak remaja dari dulu hingga sekarang. Game Online merupakan sebuah kecanggihan dari teknologi jaman sekarang yang mampu membuat masyarakat terutama mahasiswa atau pelajar sekalipun ketagihan untuk memainkannya. Memainkan Game Online sendiri awalnya harus melalui warung internet atau disebut juga dengan Warnet, namun seiring perkembangan teknologi sudah bisa dimainkan melalui gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial Remaja pemain Game Online di Dusun Montong Beter Kecamatan Sakra Barat dan untuk mengetahui bagaimana Dampak Positif dan Negatif Dari Permainan Game Online Terhadap Remaja Di Dusun Montong Beter Kecamatan Sakra Barat, hingga sampai mengubah sifat dan perilaku sosial seseorang yang cenderung lebih malas melakukan kegiatan yang lain dan hanya memikirkan tentang bermain Game Online pada kesehari-hariannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pada bagian teori peneliti menggunakan teori tindakan sosial dari Max weber. Jenis data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Game Online membuat remaja di dusun Montong Beter Kecamatan Sakra Barat menjadi kecanduan Game Online yang berdampak terhadap perilaku sosial mereka seperti suka berbohong, tidak produktif, dan kurang bersosialisasi. Sedangkan dari segi positif bermain Game Online adalah menciptakan kesenangan dan hiburan bagi remaja, membuat remaja memiliki banyak teman dan komunitas baru, membuat para remaja lebih terbiasa dan mahir dengan bahasa inggris. Di dalam dunia game terdapat banyak orang-orang yang bermain Game Online juga beberapa dari negara lain, sehingga interaksi akan Bahasa inggris semakin mengerti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perilaku Sosial, Remaja, Game Online.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:55
Last Modified: 16 Aug 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item