IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OLEH PEMERINTAH DESA DALAM PENANGANAN EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI DESA MASBAGIK UTARA BARU KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ABDUL, ALI MUTAMMIMA AMAR ALHAQ (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OLEH PEMERINTAH DESA DALAM PENANGANAN EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI DESA MASBAGIK UTARA BARU KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi amar alhaq LC1018001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Sebagai akibat dari pandemi Covid-19 terdapat imbas yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sektor bisnis, ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Karenanya, penelitian ini membahas tentang implementasi kebijakan oleh pemerintah desa masbagik utara baru dalam penanganan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, upaya pemerintah desa mengatasi masalah ekonomi akibat pademi covid-19 dan respons masyarakat terhadap implementasi kebijakan pemerintah desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah Teori Tindakan Sosial Max Webber, Bentuk Implementasi Kebijakan menurut Salisbury dan Heinz, serta Pola Implementasi Kebijakan menurut Grindle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pandemi Covid-19 diantaranya: 1. Berkurangnya kegiatan usaha produktif masyarakat; 2. Berkurangnya tingkat pendapatan tenaga kerja anggota rumah tangga; 3. Bekurangnya kesempatan kerja dan peluang usaha. Adapun upaya yang dilakukan Pemerintah Desa diantaranya; 1. Pemanfaatan Bumdes; 2 Pemberian Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD); 3. Melakukan sosialiasasi dampak, bahaya dan pengembangan ekonomi masyarakat dalam rangka mengatasi dampak pandemi covid-19. Adapun respons masyarakat terhadap implementasi kebijakan cukup baik terlihat dari adanya masyarakat yang mengetahui implementasi dan mentaati implementasi kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Implementasi Kebijakan, Respons Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:55
Last Modified: 16 Aug 2022 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30678

Actions (login required)

View Item View Item