ISOLASI DAN KARAKTERISASI MOLEKULER BAKTERI ENDOFIT AKAR TANAMAN JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER ANTIMIKROBA, PELARUT FOSFAT, DAN PENGHASIL IAA

YULIANINGSIH, YULIANINGSIH (2022) ISOLASI DAN KARAKTERISASI MOLEKULER BAKTERI ENDOFIT AKAR TANAMAN JAMBU METE (Anacardium occidentale) DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER ANTIMIKROBA, PELARUT FOSFAT, DAN PENGHASIL IAA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS YULIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengetahui kemampuan mikroba endofit dari akar tanaman jambu mete yang berpotensi sebagai, antimikroba, pelarut fosfat dan penghasil IAA. Metode penelitian yaitu deskriptif eksploratif berbasis eksperimental yang dilakukan dengan mengisolasi bakteri endofit dari akar tanaman jambu mete kemudian diuji daya hambatnya terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, K.pneumoniae dan P.aeruginosa, isolat yang diketahui mempunyai aktivitas antimikroba terhadap mikroba patogen diamati melalui karakteristik biokimianya, Pada bakteri endofit yang menunjukan adanya potensi sebagai pelarut fosfat dan penghasil IAA dilakukan analisis secara kualitatif dan kuantitatif, dan identifikasinya menggunakan analisis skuen gen 16S rRNA yang terdapat pada data bade Gen Bank NCBI. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 7 (Tujuh) isolat bakteri endofit yang berasal dari akar tanaman jambu mete. Berdasarkan hasil uji antimikroba didapatkan ada 2 isolat (AJM4 dan AJM5) yang memiliki daya hambat terhadap bakteri uji S.aureus, K.pneumoniae dan P.aeruginosa. dan ada 3 isolat (AJM4, AJM5 dan AJM6) yang memiliki daya hambat terhadap bakteri uji B.cereus. Sedangkan untuk S.aureus, K.pneumoniae dan P.aeruginosa tidak memiliki kemampuan sebagai daya hambat. Diperoleh dua isolat yang memiliki kemampuan melarutkan fosfat dan menghaslkan IAA, yaitu, AJM7 dan AJM8 dengan IKP sekitar 2. Hasil identifikasi secara molekuler menunjukan isolat AJM8 berada satu kelompok dengan beberapa strain dari Stenotrophomonas maltophilia dan Stenotrophomonas rhizophila pada jarak evolusi terdekat 0,005. Isolat AJM7 berada satu kelompok dengan Providencia rettgeri dan Providencia vermicola pada jarak evolusi terdekat 0,002. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan dalam isolat bakteri endofit dari akar tanaman jambu mete berpotensi sebagai pemacu pertumbuhan tanaman dan penghasil hormon IAA.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Akar Tanaman Jambu Mete, Bakteri Endofit, Antimikroba, Pelarut Fosfat, Penghasil IAA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item View Item