PERUBAHAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK GEMPA BUMI (KASUS KAWASAN TERDAMPAK DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Sri, Komala Hikmah (2022) PERUBAHAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK GEMPA BUMI (KASUS KAWASAN TERDAMPAK DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI KOMALA HIKMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui kondisi sosial berupa pendidikan dan kesehatan masyarakat pasca terjadi bencana gempa bumi di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, 2) Untuk mengetahui kondisi ekonomi berupa perubahan pengeluaran masyarakat pasca terjadi bencana gempa bumi di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Jumlah responden ditentukan menggunakan metode Quata Sampling dan Purposive Sampling. Kemudian ditentukan sebanyak 30 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dampak gempa bumi menyebabkan perubahan pada kondisi soial mayarakat yaitu: a). rendahnya minat terhadap pendidikan yang ditempuh oleh anggota keluarga (anak) dari masyarakat yang terdampak gempa bumi, b). kurang baiknya jasa kesehatan yang tersedia dan kondisi kesehatan masyarakat yang menurun. (2) Dampak gempa bumi terhadap kondisi ekonomi mayarakat terjadi perubahan yaitu menurunnya jumlah pengeluaran baik pengeluaran pangan dan pengeluaran non pangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : perubahan, sosial, ekonomi, dampak, gempa bumi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item