SISTEM PENGATURAN DAN MONITORING SUHU PADA KANDANG ANAK AYAM BERBASIS INTERNET OF THING (IoT)

MUHAMMAD, FIQRIL (2022) SISTEM PENGATURAN DAN MONITORING SUHU PADA KANDANG ANAK AYAM BERBASIS INTERNET OF THING (IoT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FIQRIL (F1B115030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tahapan penting dalam pemeliharaan ayam adalah pengontrolan suhu kandang secara teratur. Ayam harus tetap berada disuhu yang tetap stabil sesuai dengan kebutuhanya untuk penghasilkan kualitas ayam yang baik dan unggul. Berdasarkan permasalhanyang ada, maka dapat dibuat alat Sistem Pengaturan Dan Monitoring Suhu Pada Kandang Anak Ayam Berbasis Internet Of Thing (Iot). Alat ini akan bekerja saat sensor DHT22 mendeteksi suhu kandang Kemudian terdapat dimmer sebagai mengatur intensitas cahaya lampu yang memengaruhi suhu dalam kandang (derajat panas) dan hasil akan ditampilkan pada aplikasi smartphone yaitu aplikasi blynk. Hasil monitoring suhu pada kandang anak ayam telah berhasil Semakin tinggi intensitas cahaya didapat pengaturan kondisi Dimmer, maka suhu kandang yang terukur suhu semakin tinggi. Sensor suhu berkerja dengan baik dengan galat (%) 0,74. Alat yang dirancang akan berhasil apabila melakukan pemonitoran dan pengontrol suhu untuk mendeksi suhu ideal kandang yang dimonitoring melalui aplikasi Blynk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Monitoring, Anak Ayam, Sensor DHT22, Dimmer, Lampu pijar, Internet Of Thing, ESP32, Kandang Ayam, Blynk.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item