PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

ARIFUDDIN, ARIFUDDIN (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar kontekstual berbasis hands on activity dan menguji layak, praktis, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan desain penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar kontekstual berbasis hands on activity, dan alat evaluasi pemahaman konsep. Data yang dibutuhkan untuk dianalisis diperoleh dari lembar validasi, lembar respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan alat evaluasi pemahaman konsep. Hasil analisis data yang didapatkan menentukan tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari nilai hasil validitas dan reliabilitas. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari nilai hasil respon peserta didik dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari nilai hasil pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan nilai rata-rata validitas keseluruhan perangkat pembelajaran dari hasil penilaian validator diperoleh nilai rata-rata persentase 88,24% dengan kriteria sangat valid serta nilai reliabilitas yang dianalisis menggunakan metode percentage of agreement menunjukkan perolehan nilai rata-rata persentase 94,73% dengan kategori reliabel. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan nilai respon peserta didik dan observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91,42% dan 3,5 dengan kategori sangat baik dan baik. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan perolehan nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji N-gain menunjukkan perolehan nilai sebesar 0,30 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kontekstual berbasis hands on activity yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar kontekstual, hands on activity, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30692

Actions (login required)

View Item View Item