PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

DINA, NOVSIANI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIKS DINA (E1Q015013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tes. Hasil validasi menunjukkan komponen perangkat pembelajaran dalam kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Reliabilitas silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD dan instrumen tes, diatas 75 % menunjukkan semua komponen yang dinilai berada pada kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item