PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

Hani, Miskan (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HANI MISKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah 4D Models yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Desain), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Pada tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan masalah. Tahap design merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Tahap penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (Develop) yaitu validasi oleh pakar ahli. Teknik pengumnpulan data menggunakan lembar validasi. Validitas produk dianalisis dengan skala Likert. Data hasil validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada padatingkat sangat valid dengan nilai ratarata akhir 3.52 sehingga perangkat yang dikembangkan valid digunakan dalam pembelajaran. Data hasil reliabilitas terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan nilai rata-rata 93.77 % termasuk dalam kategori reliabel. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E yang dikembangkan valid digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30698

Actions (login required)

View Item View Item