Nurhasanah, Nurhasanah (2022) ANALISIS KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PENERAPAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
2022.08.01.- SKRIPSI_NURHASANAH(E1R017046).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan konseptual dan prosedural pada siswa pada materi Penerapan Turunan Fungsi Aljabar berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Gunungsari. Kemudian empat subjek terpilih adalah dua siswa tipe FI dan dua siswa tipe FD. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tes GEFT, tes tertulis soal Matematika Penerapan Turunan Fungsi Aljabar, dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa FI melakukan satu kesalahan konseptual dan empat kesalahan prosedural dengan indikator yang berbeda. Sementara siswa FD melakukan masing-masing sebanyak tiga kesalahan konseptual dan prosedural dengan indikator yang berbeda. Perbedaan letak kesalahan siswa FI dan siswa FD dapat dilihat dari jenis kesalahan yang dilakukan. Siswa FI cenderung melakukan kesalahan prosedural daripada kesalahan konseptual, sementara siswa FD cenderung lebih banyak melakukan melakukan kesalahan konseptual daripada kesalahan prosedural.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:56 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:56 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30702 |
Actions (login required)
View Item |