PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI TUBAN

Ratni, Srikandi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI TUBAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRIKANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri Tuban adalah belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran khususnya LKPD yang sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013 yang berbasis saintifik dengan penggunaan salah satu model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk, mengetahui bentuk, subtansi, dan keefektifan LKPD matematika berbasis Discovery Learning materi luas bangun datar yang sudah dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan 4-D (Define, Design, Develop, Diseminate) dikembangkan oleh Thiagarajan dkk, yang dilakukan pada 25 siswa kelas IV SD Negeri Tuban. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis Discovery Learning. Hasil penelitian yaitu dari validator materi mendapatkan rerata skor dari keseluruhan aspek sebesar 3,55 yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Validator media dengan rerata skor dari keseluruhan aspek yaitu sebesar 3,33 yang berarti termasuk dalam kriteria sangat layak. Penilaian dari guru terhadap LKPD berbasis Discovery Learning dari keseluruhan aspek yaitu dengan skor 3,58 dan termasuk dalam kriteria sangat layak. Penilaian oleh 5 orang siswa terhadap LKPD berbasis Discovery Learning yaitu sebesar 3,67 dan termasuk dalam kriteria sangat layak. Penelitian ini hanya sampai uji coba terbatas, karena sesuatu dan lain hal yang berkaitan dengan wabah covid-19, sehinga pengujian keefektifan dari LKPD tidak dapat dilakasanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: LKPD, Matematika, Discovery Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30704

Actions (login required)

View Item View Item