PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 3 LENDANG NANGKA TAHUN AJARAN 2021/2022

Ulya, Nur Islami Zain (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 3 LENDANG NANGKA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ulya Nur Islami Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dikarenakan kurangnya keaktifan siswa saat mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelasa V pada mata pelajaran IPS di SDN 3 Lendang Nangka tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimen Design tipe Time Series Desain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 di SDN 3 Lendang Nangka. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 3 Lendang Nangka. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Probability Sampling kategori Cluster Sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Lendang Nangka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji kualitas instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis yaitu uji paired sample t test dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai sig. (2-tailed) pada pretest 1-4 dan posttest 1-4 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS DI SDN 3 Lendang Nangka tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item