EFEKTIVITAS INTERNATIONAL CRIMINAL TRIBUNAL FOR RWANDA (ICTR) DALAM PENANGANAN PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) TERHADAP KASUS GENOSIDA DI RWANDA

Arin, Saumi Fortuna (2022) EFEKTIVITAS INTERNATIONAL CRIMINAL TRIBUNAL FOR RWANDA (ICTR) DALAM PENANGANAN PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) TERHADAP KASUS GENOSIDA DI RWANDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Arin Saumi Fortuna_L1A018016-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kejahatan Genosida merupakan perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara membunuh anggota kelompok. Genosida di Rwanda berakhir pada 18 Juli 1994 ditandai dengan kemenangan dari pihak RPF. International Criminal Tribunal for Rwanda (ICTR) merupakan pengadilan internasional pertama yang memberikan putusan sehubungan dengan genosida dan yang pertama menjelaskan definisi genosida yang ditetapkan dalam Konvensi Jenawa 1948. Dalam menyelesaikan kasus genosida, pada tanggal 9 Desember 1948, PBB membuat ketentuan hukum tentang genosida yang pertama, yakni Convention On The Prevention and Punishment Of The Crime Of Genocide, yang telah ditandatangani oleh 45 negara dan terdapat 85 ratifikasi serta penambahan. Sehingga, bagaimana efektivitas implementasi ICTR dalam penanganan pelanggaran HAM terhadap kasus gensosida di Rwanda. Tujuan penelitian ini pada dasarnya ingin mengeksplorasi lebih detail lagi bagaimana efektivitas International Criminal Tribunal for Rwanda (ICTR) terhadap kejahatan genosida di Rwanda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, menggunakan konsep hukum humaniter internasional dan pelanggaran HAM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ICTR berhasil dalam menuntut dan mengadili para pelaku kejahatan kemanusiaan dan ICTR juga dinilai efektif dalam menyelesaikan kasus genosida di Rwanda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: genosida di Rwanda, HAM, ICTR, PBB, Statuta ICTR, RTLM, FPR, felicien kabuga
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2022 00:50
Last Modified: 18 Aug 2022 00:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item