UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN KERJASAMA BELAJAR PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI SMKN 1 MATARAM

Kusmayandi, Kusmayandi (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS DAN KERJASAMA BELAJAR PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI SMKN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis dan kerjasama siswa kelas XI Akutansi SMK Negeri 1 Mataram pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Pada siklus I indikator kinerja variable tindakan tercapai sebesar 86%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 100. Data kemampuan menganalisis siswa diperoleh dengan tes esai yang diberikan kepada siswa. Pada siklus I tercapai 78% atau 28 siswa mendapatkan niali 75 dari 36 jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklus II meningkat sebesar 92% atau 35 siswa mendapatkan nilai 75 dari 38 siswa yang mengikuti pembelajaran. Hal ini berarti pada siklus II ketercapaian tindakan telah melebihi target minimal yaitu 80 % atau 31 siswa mendapatkan nilai 75. Data kemampuan menyaji hasil analisis diperoleh dari presentasi kelas. Pada siklus I tercapai sebesar75% atau 27 siswa mendapatkan nilai 75 dari 36 jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklus II meningkat sebesar 92% atau 35 siswa mendapatkan nilai 75 dari 38 jumlah siswa yang mengkuti pembelajaran. Hal ini berarti pada siklus II ketercapaian tindakan telah melebihi target minimal yaitu 80 % atau 31 siswa mendapatkan nilai 75. Sedangkan data kemampuan kerjasama diperoleh dari observasi pada saat melakukan diskusi. Pada siklus I tercapai sebesar adalah 75% atau 14 siswa mendapatkan skor 24 dari 33 jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklus II meningkat sebesar 91 % atau 33 siswa mendapatkan skor 24 dari 38 siswa yang mengikuti pembelajaran. Hal ini berarti pada siklus II sikap kerjasama siswa telah melebihi target yang harus dicapai yaitu minimal 28 (80%) asiswa mendapatkan skor 24

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, kerjasama, metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 04:23
Last Modified: 24 Apr 2018 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item